Ganjar soal Isu PDIP Bakal Usung Anies: Jika Tidak Cocok Jangan Dipaksakan

R24/zura
Ganjar soal Isu PDIP Bakal Usung Anies: Jika Tidak Cocok Jangan Dipaksakan. (Instagram @ganjar_pranowo)
Ganjar soal Isu PDIP Bakal Usung Anies: Jika Tidak Cocok Jangan Dipaksakan. (Instagram @ganjar_pranowo)

RIAU24.COM -Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, merespons wacana PDIP yang katanya akan mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta.

Secara pribadi, Ganjar berpendapat kecocokan antara PDIP dan Anies harus dibahas lewat proses diskusi atau negosiasi. 

Baca Juga: PDIP Bongkar Kedok Jokowi, Sebut: Baru Kali Ini Anak, Mantu, Mungkin Cucu Dipersiapkan   

"Umh, itu yang mesti diobrolkan, gitu. Mesti diobrolkan, dan mudah-mudahan ya bisa bernegosiasi. Tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak harus dipaksakan," kata Ganjar ditemui usai melaksanakan salat Iduladha di dekat kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, Senin (17/6).

Ganjar di satu sisi menilai wacana PDIP mengusung Anies di Pilgub DKI Jakarta adalah bentuk keterbukaan oleh partainya dalam berpolitik.

Ganjar menyebut partainya umumnya menyiapkan kader internal terlebih dahulu untuk ditimang sebelum diusung maju Pilkada. 

Akan tetapi, ketika memang tidak ada yang memenuhi kriteria, maka PDIP bisa mengusung calon dari luar partai dengan kesepakatan.

"Seandainya kita mendukung atau mengusung calon dari luar, apa kemudian kesepakatan yang bisa kita ambil? Nilai-nilai demokrasi lah, secara ideologis lah, bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah?" kata mantan calon wakil presiden 2024 itu.

Baca Juga: Airlangga Disebut Cari Muka ke Jokowi Lewat Usung Jusuf Hamka-Kaesang di Pilgub DKI 

"Agar kemudian politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten, bisa melihat bagaimana sejarah di awal dan menyamakan persepsi serta sikap agar ketika merespons situasi itu tidak ke kiri dan ke kanan, lurus," sambungnya.

Dia turut memastikan bahwa siapa pun kandidatnya, tetap akan melalui tahap rekrutmen serta seleksi di PDIP. 

Termasuk Anies yang merupakan mantan pesaingnya di Pilpres 2024 lalu.

(***)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Riau24. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak