Gede Semua! Sapi Kurban Jokowi, Prabowo, Gibran dan Megawati di Istiqlal

R24/zura
Gede Semua! Sapi Kurban Jokowi, Prabowo, Gibran dan Megawati di Istiqlal. (X/Foto)
Gede Semua! Sapi Kurban Jokowi, Prabowo, Gibran dan Megawati di Istiqlal. (X/Foto)

RIAU24.COM -Masjid Istiqlal banyak menerima sumbangan hewan kurban dari tokoh-tokoh agama. 

Hal ini juga termasuk dari tokoh-tokoh politik, dari presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hingga presiden terpilih 2024-2029 yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Makin Kaya Melintir, Raffi Ahmad Digandeng Khofifah Bangun Destinasi Kuliner di Jatim   

"Hari ini saya ingin sampaikan jumlah hewan kurban yang kita kumpulkan jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi. Yang kita saksikan adalah dari Pak Presiden, lalu Pak Wapres, ada juga Pak Prabowo, Pak Gibran, Bu Megawati," kata Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar kepada wartawan, Senin (17/6/2024).

Sapi kurban dari Presiden Jokowi adalah sapi limosin dengan berat 1,3 ton. 

Sapi kurban dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin adalah sapi berbobot 1,2 ton. Sapi dari Prabowo adalah sapi dari Sukabumi dengan berat 1,2 ton. 

Sapi dari wakil presiden terpilih sekaligus putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bobotnya 1,2 ton. Semua sapi ini baru akan disembelih pada Selasa (18/6) besok.

Selain itu, Nasaruddin Umar menjelaskan hewan kurban di Istiqlal ini datang bukan hanya dari tokoh-tokoh muslim, melainkan ada juga pemberian dari umat nonmuslim. 

Dia pun menyebut hal ini menjadi bukti toleransi yang erat tumbuh di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Prabowo Kritik Pembangunan Infrastruktur, Sebut: Buat Apa Bangun Bandara-Jalan Raya Kalau Negara Tidak Aman   

"Kemudian juga yang menarik ya justru kawan-kawan juga memberikan sedekahnya dari nonmuslim, ada memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita," jelas Nasaruddin.

"Inilah toleransi Indonesia. Sebenarnya yang wajib untuk berkorban itu adalah terutama umat Islam ya yang berkemampuan. Tapi inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada understanding yang sangat dalam, lintas agama di Istiqlal ini," sambungnya.

(***)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Riau24. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak